Just Smile ...





Setelah sarapan pagi ala Indonesia dan ngecek ini itu di kantor, mendadak kangen bloging. Beberapa tamu pagi ini tampak terkesan dengan senyum nyaingi senyum  Pepsodent dari para staff.  Aku jadi berpikir, boleh berbangga hati salah satu kelebihan hotel di Indonesia adalah para stafnya yang sangat friendly. Well, bukan karena aku ini orang hotel lantas membuat opini seperti itu, tapi beberapa pengalaman menginap di hotel, aku sangat memperhatikan masalah ramah tamah dari para hotelier di negeri kita ini. Soal fasilitas dan lokasi, boleh kalah dengan hotel lain di luar negeri. Tapi SDM para hotelier kita ini sungguh suatu teladan. Bahkan menurut kabar, bagi hotel dengan jaringan internasional, staff perhotelan kita sungguh jadi idola, hotelier made in Indonesia jadi primadona.

Working in a hotel is truly delicious... Banyak suka duka bekerja di hotel yang sudah pernah aku share beberapa waktu lalu, but i just falling in love with my job!  Sehingga sesusah apapun rintangan yang aku hadapi, aku tetap bertahan dan enjoy dalam melakukan tugas. Sesekali aku sempat menukar posisi sebagai tamu, mungkin ketika harus bepergian keluar kota karena kerjaan atau berlibur dengan keluarga. Ketika sedang melakukan tukar posisi ini, besar sekali gunanya biar aku juga sesekali bisa melihat dari kacamata tamu. Tetapi karena aku ini part of the hotelier, self control ku as a guest sangat tinggi untuk tidak berbuat seenaknya saja memperlakukan staff hotel.  Please yaa...Jangan mentang-mentang posisi tawar sebagai tamu lebih tinggi, sehingga menekan kita yang diharuskan selalu ramah dan very helpful ini. Untuk para pengguna jasa, silakan dibayangkan betapa rempong pekerjaan kami ini, jadi mulailah dengan menghargai setiap senyum yang kami berikan, meskipun keadaannya sangat menekan kami tetap berusaha tersenyum. Walau terkadang sambil ngerasain kaki cenut-cenut gara-gara kelamaan berdiri pake high heels setinggi 15cm pun, sang senyum harus selalu terkembang.  Memang sih, pernah juga beberapa kali, as a guest aku kepentok dengan staf hotel yang jutek, tapi tak banyak kok...

Di hotel ku budaya : SENYUM, SAPA, dan SALAM dengan sesama rekan kerja itu WAJIB ! Pembiasaan rutinitas sederhana ini sebagai contoh misal setiap pergantian shift ketika pertama kali bertemu adalah mengucapkan Selamat Pagi/ Siang/ Sore/ Malam, kemudian kita berjabat tangan  dan yang perempuan biasanya di tambahi dengan cipika cipiki alias cium pipi kanan cium pipi kiri. Hal ini untuk membiasakan diri agar para staff terbiasa melakukan hal yang sama kepada para tamu.Tentu saja kalau dengan tamu tidak sampe cipika cipiki hehehe...Tapi terbukti dari pola rutinitas yang sederhana ini, para staff menjadi lebih friendly dengan tamu.  Si senyum ini sendiri terkadang terbukti sangat ampuh untuk melumerkan hati tamu yang agak rewel atau tamu yang sedang complain karena sesuatu hal. Suguhi senyum saja, sekalian ibadah kan ? Namun, terkadang saking murah senyum nya si hotelier, pernah suatu ketika seorang tamu yang sedang agak emosi karena sesuatu hal, dengan setengah membentak kepada sang receptionist  berkata : mba nya ini gila atau gimana dari tadi cengar cengir terus kaya orang gila. Terkadang serba salah yah para pemirsa, senyum di katain orang gila, ga senyum lebih salah lagi di kira jutek atau ga ramah, hadehhh... Maksudnye si receptionist senyum-senyum itu buat ngademin hatinya tu tamu kaliii yang lagi emosiii, malah di kata orang gila. See ? Betapa susahnya jadi hotelier...Walo cuma senyum pun terkadang masih aja kena damprat...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HOW TO TREAT YOUR : SANDAL JEPIT

My Sky

Tragedi KUTANG