Little Miss Hotelier



Pertama tama aku panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan karunianya hingga hari ini, jam ini, menit  ini, detik ini aku masih bisa bekerja (Hiperbol akut lagi kumat) di hotel Anturium ini (nama hotel tempat aku kerja sengaja di samarkan demi keamanan dan kenyamanan semua pihak yang bersangkutan di dalamnya serta kestabilan operasional hotel, WHATTT ?? ). Bayangin aja booo, ga kerasa ternyata udah hampir 7 tahun aku kerja di hotel ini..Dah bangkotan banget deh, setiap jengkal ni hotel udah apal luar dalem luar kepala, halahhhh....Jadi aku selama 7 tahun ini udah berprofesi jadiiiiii....apa ituh yah nama kerennya kalo orang yang kerja di perhotelan kalo kata GM ku waktu itu bilang di in house training nya (maklum waktu training itu aku dengerin materi sambil setengah sadar setengah engga, maklum deh kalo buat aku banyak belajar itu jadi banyak yang lupa, jadi mending sedikit belajar jadi sedikit lupa, ato mending ga usah belajar blass jadi ga lupa, hihihi), oh yaaaa..nama kerennya : Hotelier. Duh kesian amat yah GM ku kasi materi berapi-api selama berjam-jam yang di kasi materi pikun begindang, wkwkwkw...

Sooo...after a long journey, setelah sempet belok kanan belok kiri beberapa kali ke beberapa perusahaan lainnya, akhirnya aku sejak pertengahan tahun 2006 gabung di hotel Anturium ini. Ga mimpi deh sebelumnya, kok ujug-ujug aja bisa kerja di hotel, secara dulu tuh ya aku kalo ke hotel ya cuma buat nginep doang bareng-bareng keluarga ato temen maen yang hobby kelayapan. Punya cita-cita aja engga deh kayanya kerja di hotel, secara dulu pasti punya cita-cita pas jaman masih lugu-lugunya itu pastilah ya yang PERFECT WANNA BE getoooo..Misal :

1. Jadi Guru Matematika : jadi guru matematika pasti enak, karena biasanya guru matematika selalu jadi yang paling di segani sama murid-muridnya, killerrr maannn !!! Tapi cita-cita ini langsung aku coret dari daftar pekerjaan impian setelah setiap ulangan matematika aku selalu dapet angka 1 ato endog bunder, kenyataan membuktikan dan menolak keras ini bukan bidang aku bangettt jadi aku berusaha realistis ga nerusin cita-cita jadi guru matematika.


2. Jadi Fotomodel :  kayanya seru aja jadi fotomodel, sering gonta ganti baju glamour, kerjaannya jalan-jalan (jalan di catwalk maksudku). But, anyway busway..cita-cita ini juga langsung aku apus pake tipe x karena ternyata postur tubuh  setelah lepas masa SMP ku ga nunjukin perubahan yang signifikan, tetep bantat di 155cm, hahahaha..Lebar dada n lebar bokong juga ga menunjang banget deh, duuuhhh....


Nah dua contoh di atas itu cita-cita masa kecil ku yang  ga kesampaian, walhasil kenyataannya sekarang aku kerja di hotel. Dua cita-cita masa kecil yang rada lebay itu terpaksa aku lupain and coret dari wishlist ku. And here is now, aku terdampar di sebuah hotel, berembel-embel bintang tiga di kota mendoan, jadi seorang Hotelier aka karyawan hotel.

Hotel tempat ku kerja ga terlalu gede, luas area hotel kira-kira 5000m lah (seluruh areal hotel yang gaya nya resort ini pake paving block yang bikin sol high heels ku ganti rutin setiap 3 bulan sekali). Jumlah kamar cuma 31, ada 1 restaurant, dan juga ada 1 outdoor swimming pool mungil buat yang hoby renang gaya batu, karena  tu kolam cetek banget, jadi yang ga bisa renang and cuma bisa renang gaya batu, cucok banget deh renang di sono, kaga bakalan kelelep aku jamin. Keseluruhan design hotel persis banget, jiplek ga ada bedanya kaya perumahan, sampe aku sering banget di tuduh salles perumahan tiap kali jalan-jalan keliling ke pelanggan. Derita jadi salles hotel yang hotelnya mirip rumah tuh begindang deh.

Bertahun-tahun kerja di hotel tentu aja banyak suka dukanya. Di tuduh salles perumahan salah satunya (halahhhh). Yang jelas kerjaan yang setiap hari kaya orang pelesir ini banyak tantangan nya. Walo keliatannya sersan alias serius tapi santai, kerja di bidang jasa yang operasional 24 jam itu adalah sesuatu banggettt, banyak tantangannya (termasuk ngintip tamu yang lagi renang pake bikini juga jadi tantangan). Beberapa tips di bawah ini mungkin bisa berguna buat kalian yang berminat jadi Hotelier :

1.  Minta doa restu dari orang tua dan keluarga
Ini yang paling penting, tanpa doa restu dari orang tua dan keluarga, lupain aja jadi Hotelier ! Karena kerja di hotel itu sama saja artinya dengan : Selalu absen pas acara keluarga. Jadi restu dari orang tua and keluarga itu nomor satu. Tuntutan pekerjaan bikin jadwal liburan berubah 360 derajat dari orang pada umumnya. Orang lain liburan, aku harus kerja ! Orang lain kerja, aku baru libur ! Walhasil kalo pas acara kumpul keluarga itu aku selalu absen ga bisa dateng karena lagi lembur di kantor. Giliran pulang ke rumah semua orang udah bubar jalan pulang ke rumah nya masing-masing, mrongosss deh.. Siap-siap aja nyaingin si Malin Kundang yang jarang pulang !  For your information aja yah selama 7 tahun kerja di hotel baru 2 kali lebaran aku bisa kumpul bareng keluarga, itu juga karena keajaiban aja si Isha anak semata wayangku brojol pas deket-deket mau lebaran, and aku udah masuk masa cuti hamil. Kali kedua aku juga nekat ambil cuti karena mau ngerayain ultah pertamanya Isha yang jatuh pas lebaran, hihihi..

2. Jangan lupa mandi and dandan
Orang hotel itu harus selalu wangi dan cantik ato ganteng ! Jarang-jarang lho orang hotel yang tampangnya jelek, ato biasa aja, hehehe..Kaya aku ini kan tampangnya menarik, itu juga kata emak aku sih, wkwkwkw..Yang jelas memang standar performance orang hotel itu harus selalu wangi, rapi, and unyu, hihihi..So sebelum kerja jangan lupa mandi dulu pake sabun mandi, jangan pake sabun colek apa lagi pake  "Easy" (dengan kekuatan 10 tangan) nanti luntur warna kulit kamu ! Dandan juga hukumnya wajib, aku dulu ga suka dandan, tapi semenjak kerja di hotel karena peraturan perusahaan buat yang cewe kudu dandan natural, jadi perlengkapan lenong aku komplit sekarang.

3. Wajib sarapan sebelum berangkat kerja. 
Nasi is recomended ato paling ga secangkir kopi plus 5 tangkup roti. Ini WAJIB ! Sepengalaman aku selama kerja di hotel, kalo aku berangkat kerja sebelum sarapan, pasti di kantor mata kunang-kunang, badan lemes, pegel linu, gampang lelah and letih. Secara profesi jadi Hotelier apalagi jadi front liner kaya aku begini ini, aktivitas di kantor  itu isinya harus hilir mudik kesana kesini terus kaya setrikaan Philips high voltage. Jadi kalo ga sempet sarapan mana ada energi lah !



4. Sabar !
Orang yang kerja di bidang perhotelan itu pasti harus SABAR ! Ngadepin orang baru terus setiap hari itu harus extra sabar, karena ga semua orang itu mudah di pahami dan diselami (lautan kalee di selami). Hai orang-orang perhotelan, bersabarlah dan kuatkanlah kesabaran mu ! Itu kata-kata yang paling pas di saat kita ketemu orang yang aneh bin nyleneh.

Contoh Kasus :

Aku : "Selamat siang, Pa..Selamat datang di Hotel Antuhurium, ada yang bisa di bantu ?" sambil senyum ramah tebar pesona (semoga aja ga ada cabe nyelip di gigi)
Tamu : Masih ada kamar mba ? Berapa harga permalamnya ?
Aku : menyodorkan brosur hotel dan menjelaskan "Masih tersedia kamar untuk malam ini, pa. Hotel kita mempunyai 3 type kamar, yaitu Standar 1 juta, Deluxe 2 juta dan Suite 3 juta" jelasku panjang lebar nyaingi gerbong kereta api
Tamu : tampak tekun membaca brosur kemudian berkata "Ya sudah saya pesan Extra Bed saja yang paling murah" menjawab dengan muka polos tanpa dosa
Aku : speechless dan melongo (untung aja kaga ada lalat lewat and masuk ke mulut)

Well, baiklaah, itu cuma contoh kecil yang sering terjadi sehari-hari di hotel, sang salles atau sang receptionist harus extra sabar menjelaskan kepada sang kodok, eh sang tamu bahwa extra bed itu hanyalah bed tambahan saja. Aneh bin ajaibnya percakapan konyol serupa sering terjadi berulang dan terlontar dari tamu yang dandan sangat perlente dan keluar dari boil gress keluaran terbaru yang iklannya aja baru aku liat di tv semalem, hehehehe. Nah kan, don't judge the book by its cover ! Penampilan oke belum tentu otak encer, hahahahha...Soo..semua orang perhotelan yang udah banyak makan asam garam, aku pikir kalo cuma di suruh tes uji kesabaran ngadepin tingkah polah tamu yang kaya begini pasti lolos :

* Ngadepin orang marah yang cuma lilitan handuk doang and di kepalanya penuh busa shampoo, terus dengan PD nya datang ke lobby and marah-marah, gara-gara air di kamar mandi nya mati pas dia lagi mandi
* Bolak balik harus negur tamu sampe bibir jontor karena tamunya keramas di kolam renang
* Bolak balik ke kamar tamu buat ngebukain pintu kamar sampe betis berasa segede-gede tales Bogor karena tamu nya SELALU lupa kunci kartu nya di tinggal di kamar pas dia keluar



5. Coba melamar tapi jangan lebay 
Kalau kalian memang bener-bener berminat jadi Hotelier coba aja ngelamar ke hotel yang kalian incer, tapi usahakan lamaran kerja nya jangan lebay kaya begini contohnya :
"Dgn hormat banget, nih boss!!!
Halo boss, capee deehhh !!! Apa kabar nich? Baik-baik aja dong, iya kan? Aku lihat iklannya di koran, beneran nih lagi butuh karyawan? Saya mo ngelamar kerja nich. Boleh dong…please…boleh ya…"
Nah, aku sama sekali ga nyaranin kalian ngelamar kerja ke hotel dengan contoh kata-kata kaya begitu, pasti di tolak ! (kayanya kalo contoh lamarannya kaya begitu ke perusahaan mana pun ga akan sukses deh)


Soo...siapa yang mau ikut jejak aku jadi Hotelier ? Yuuuk mareee....
 





Komentar

Postingan populer dari blog ini

HOW TO TREAT YOUR : SANDAL JEPIT

My Sky

Tragedi KUTANG