George Town oh George Town



Teteh mau liburan ke George Town..begitu celetuk kakakku itu lewat BBM pada suatu siang yang panas menyengat bumi. After read it, crinnggg otak lemot ku langsung bereaksi : Di mana itu ??? Hehehehe...Langsung dengan sigap aku reply BBM kakakku yang memang hoby jalan-jalan itu..Sudah kuduga, bukan jawaban yang aku dapat, hahahaha...Kakakku yang lagi punya hobby baru jalan-jalan pake cheap budget itu cuma bales dengan tanda smiley..Hmmm...penasaran nih..Akhirnya aku langsung browsing and tanya Mbah Google yang maha tau segalanya...

Oww..owww..ternyata George Town itu ada di Penang, Malaysia..Mulai ada pencerahan nih ak...Hellowww kemana aja yaa pelajaran Geografi selama SMP and SMU...Hihihi...Ya sutralah yang penting sekarang aku udah tau...

Menurut salah satu ulasan blog di internet, di George Town ini banyak tempat menarik dan gratisannya cukup modal jalan kaki doang udah bisa kemana-mana (pantesan aja nih kakakku milih ni kota jadi destinasinya, secara kakakku itu type traveler yang paling seneng pergi-pergian with limited budget, hihihi) Seluruh George Town ini katanya di dominasi oleh shophouses, yaitu semacam ruko bergaya arsitektur eklektik Cina Selatan. Di Asia Tenggara sebenernya banyak terdapat shophouses semacam ini, tapi cuman di Malaysia dan Singapura yang bagus melestarikannya. Ruko bertingkat dua ini biasanya dicat warna-warni, kadang dijadikan toko, cafĂ©, restoran, atau rumah pribadi. Begitu penjelasan blog traveler terkenal yang aku baca di internet itu..

Wowowowo..ini aku banggettt deh..Aku itu seneng banget sama bangunan-bangunan tua semacam itu, duuuh coba si teteh ajak-ajak aku yah jalannya, ngarep mode on, hehehe..Belum lagi masih menurut blog yang aku baca itu, George Town, terdaftar ke dalam UNESCO Heritage Site karena mereka berhasil melestarikan bangunan bersejarahnya yang merupakan perpaduan gaya kolonial Eropa dan budaya Asia. Tambah ngiler aja nih aku pengen ikut jalan-jalan kesana...

Kalau ke George Town ada beberapa tempat menarik yang wajib di kunjungi menurut blog itu : 

Beach Street – disebut juga Bank Street ini adalah pusat kantor bank komersial dunia. Siap-siap banyak motret di jalan ini karena bangunan di sekelilingnya keren banget, karena di sini katanya berasa kayak kota di Eropa!

Padang Kota – di daerah sekitar Lebuh Light, terdapat Clock Tower, Town Hall, City Hall, dan Penang State Assembly Building, yang keren banget bangunan kolonialnya.

Lebuh Farquhar – di sepanjang jalan ini terdapat bangunan era kolonial yang megah, seperti St. George’s Church (gereja Anglican tertua di Malaysia), Cathederal of The Assumption (gereja Katholik sejak 1860), dan Court Building (gedung Mahkamah Tinggi yang bergaya Palladian).

Chowrasta Market – Ini adalah pasar tradisional yang jualan macem-macem, termasuk jajanan enak-enak. Kita bisa nonton si Uncle (di sana semua pria tua dipanggil “uncle”) bikin Po Piah Skin (kulit lumpia) atau Nyonya Kuih (kue basah tradisional).

Little India – nggak usah jauh-jauh ke India, daerah ini India banget. Mau beli kain sari atau gelang bangle, mau nyukur alis pake benang (threading), mau tindik hidung, atau makan samosa sampai dessert India ada di sana.

Sri Mahariamman Temple - candi Hindu tertua di Penang sejak 1883 dengan menara setinggi 7 meter berisi 38 patung cantik, 

Kapitan Keling Mosque - mesjid tertua di Penang sejak tahun 1800

Goddess of Mercy Temple - kelenteng tertua di Penang sejak tahun 1728

Clan Jetty – perkampungan imigran asal Cina yang berumur 100an tahun yang rumah-rumahnya terbuat dari kayu berdiri di atas laut. Lingkungannya bersih dan lumayan untuk leyeh-leyeh lihat laut.

Fort Cornwallis - benteng terbesar di Malaysia yang dibangun tahun 1786

Cheong Fat Tze Mansion - rumah orang kaya asal Cina yang menang UNESCO Conservation Heritage Award

Khoo Kongsi Temple - kelenteng salah satu klan Cina tempat syuting “Anna and The King” (Hey, coba siapa yang belum nonton film ini ? Duh ini film keren abis menurutku, so, kalau suatu saat nanti aku bisa berkunjung ke salah satu veneu tempat syutingnya itu pasti I'm sooo excitinggg...)

Well abis baca blog mba traveler yang satu ini aku jadi tambah ngiler pengen pelesir kesana someday..Duuhh, teteh you are so lucky...Yuk mareee kita nabung dulu yaaah...Mulai berhitung kira-kira butuh uang berapa buat mendanai kesana..Walo info dari blog itu banyak hostel/guest house murah bertebaran di George Town, terutama di sekitar Lebuh Chulia, begitu pula banyak makanan murah di sini..Tapi kenyataannya mau pelesir keluar negeri atau dalam negeri itu enaknya bawa uang berlebih..Apalagi hobby belanja yang gak penting yang mendadak jadi penting..Wkwkwkwkwk.....Diam-diam aku masukin : George Town ke listing dream place to go ku...


Fort Cornwallis

Cheong Fat Tze Mansion

Khoo Kongsi Temple


Komentar

Postingan populer dari blog ini

HOW TO TREAT YOUR : SANDAL JEPIT

My Diary My New Journey

PNS DILARANG RAPAT DI HOTEL