Just Smile ...
Setelah sarapan pagi ala Indonesia dan ngecek ini itu di kantor, mendadak
kangen bloging. Beberapa tamu pagi ini tampak terkesan dengan senyum nyaingi
senyum Pepsodent dari para staff. Aku jadi berpikir, boleh berbangga hati salah satu kelebihan
hotel di Indonesia adalah para stafnya yang sangat friendly. Well, bukan karena aku ini orang hotel lantas
membuat opini seperti itu, tapi beberapa pengalaman menginap di hotel, aku
sangat memperhatikan masalah ramah tamah dari para hotelier di negeri kita ini.
Soal fasilitas dan lokasi, boleh kalah dengan hotel lain di luar negeri. Tapi
SDM para hotelier kita ini sungguh suatu teladan. Bahkan menurut kabar, bagi hotel dengan
jaringan internasional, staff perhotelan kita sungguh jadi idola, hotelier made in Indonesia jadi primadona.
Working in a hotel is truly
delicious... Banyak suka duka bekerja di hotel yang sudah pernah aku share beberapa
waktu lalu, but i just
falling in love with my job! Sehingga sesusah apapun rintangan yang aku hadapi, aku tetap bertahan dan
enjoy dalam melakukan tugas.
Sesekali aku sempat menukar posisi sebagai tamu, mungkin ketika harus bepergian
keluar kota karena kerjaan atau berlibur dengan keluarga. Ketika sedang melakukan tukar posisi ini, besar
sekali gunanya biar aku juga sesekali bisa melihat dari kacamata tamu. Tetapi karena aku ini
part of the hotelier, self control ku as a guest sangat tinggi untuk tidak
berbuat seenaknya saja memperlakukan staff hotel. Please yaa...Jangan
mentang-mentang posisi tawar sebagai
tamu lebih tinggi, sehingga menekan kita yang diharuskan selalu ramah dan very helpful ini. Untuk para pengguna jasa, silakan dibayangkan
betapa rempong pekerjaan kami ini, jadi mulailah dengan
menghargai setiap senyum yang kami
berikan, meskipun keadaannya sangat menekan kami tetap berusaha tersenyum. Walau terkadang sambil ngerasain kaki
cenut-cenut gara-gara kelamaan berdiri pake high heels setinggi 15cm pun, sang
senyum harus selalu terkembang. Memang
sih, pernah juga beberapa kali, as a
guest aku kepentok dengan staf hotel yang jutek, tapi tak
banyak kok...
Di hotel ku budaya : SENYUM,
SAPA, dan SALAM dengan sesama rekan kerja itu WAJIB ! Pembiasaan
rutinitas sederhana ini
sebagai contoh misal setiap pergantian shift ketika pertama kali bertemu adalah
mengucapkan Selamat Pagi/ Siang/ Sore/ Malam, kemudian kita berjabat tangan dan yang perempuan biasanya di tambahi dengan
cipika cipiki alias cium pipi kanan cium pipi kiri. Hal ini untuk membiasakan
diri agar para staff terbiasa melakukan hal yang sama kepada para tamu.Tentu
saja kalau dengan tamu tidak sampe cipika cipiki hehehe...Tapi terbukti dari
pola rutinitas yang sederhana ini, para staff menjadi lebih friendly dengan
tamu. Si senyum ini sendiri terkadang terbukti
sangat ampuh untuk melumerkan hati tamu yang agak rewel atau tamu yang sedang
complain karena sesuatu hal. Suguhi senyum saja, sekalian ibadah kan ? Namun, terkadang
saking murah senyum nya si hotelier, pernah suatu ketika seorang tamu yang
sedang agak emosi karena sesuatu hal, dengan setengah membentak kepada sang
receptionist berkata : mba nya ini gila
atau gimana dari tadi cengar cengir terus kaya orang gila. Terkadang serba
salah yah para pemirsa, senyum di katain orang gila, ga senyum lebih salah lagi
di kira jutek atau ga ramah, hadehhh... Maksudnye si receptionist senyum-senyum
itu buat ngademin hatinya tu tamu kaliii yang lagi emosiii, malah di kata orang
gila. See ? Betapa susahnya jadi hotelier...Walo cuma senyum pun terkadang
masih aja kena damprat...
Komentar
Posting Komentar